Pentingnya Medical Check Up Untuk Kesehatan Kita – dr. Yanti Nurshanti

Pengertian : Medical check up adalah rangkaian pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui status kesehatan secara menyeluruh.

 

Tujuan : Medical Check Up di lakukan untuk mengetahui status kesehatan tubuh kita, sebagai bentuk pemeriksaan awal terhadap kemungkinan adanya penyakit yang timbul tanpa kita sadari, terutama bagi yang memiliki riwayat penyakit keluarga seperti diabetes mellitus, hipertensi, jantung  dan lain sebagainya.

Pemeriksaan Medical Check Up di lakukan sebaiknya minimal 6 bulan sampai dengan 1 tahun sekali. Agar kesehatan kita lebih terpantau lagi dengan baik dan sebagai acuan perkembangan kesehatan dari tahun ke tahun

Dalam pelaksanaannya  medical check up di lakukan dengan beberapa macam pemeriksaan, di antaranya : pemeriksaan secara menyeluruh dengan di lakukan pemeriksaan fisik mulai dari kepala sampai dengan kaki, tanda-tanda vital seperti tekanan darah, suhu, nadi dan pernafasan, selain pemeriksaan fisik  di lakukan juga pemeriksaan penunjang lainnya seperti laboratorium  pemeriksaan darah lengkap, fungsi hati, fungsi ginjal, lemak darah, imunoserologi untuk mengetahui kemungkinan ada nya penyakit hepatitis B dan hepatitis C serta urine lengkap dan feses lengkap, dan radiologi serta pemeriksaan lainnya berdasarkan kebutuhan dan jenis medical check up yang akan di lakukan, seperti USG Abdomen, EKG (rekam Irama jantung), USG Jantung, Treadmill, USG Payudara, Mammografi dan pemeriksaan kemungkinan adanya TORCH yang dapat menyebakan kesulitan dalam memperoleh keturunan.

Selain itu medical check up juga dapat di lakukan pada lansia, untuk dapat mengetahui dan meningkatkan kualitas hidup orang tua kita tercinta agar dapat lebih baik lagi baik secara fisik dan mental.

Medical Check Up sangatlah di anjurkan untuk dapat di lakukan secara rutin dan berkala, untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Serta mencegah kemungkinan adanya penyakit yang cukup serius sehingga dapat di tangani lebih dini.