PENTINGKAH MEDICAL CHECK UP

PERLUKAH KITA MELAKUKAN MEDICAL CHECK UP

Ya, karena Kesehatan merupakan harta yang tidak ternilai harganya. Ketika orang jatuh sakit, tentunya banyak kerugian yang akan dialami karena tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan optimal. Kesehatan yang prima hanya dapat diperoleh dengan investasi kesehatan sedini mungkin. Salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check up secar rutin.

Di masa kini, masih banyak orang yang mengesampingkan manfaat dari medical check up. Ini dikarenakan seseorang tidak merasakan sakit, masih berusia muda, tidak ada waktu, biaya, ada kemungkinan takut mengetahui  kondisi kesehatan yang tidak baik apalagi keadaannya sudah serius yang ada dalam dirinya.
Namun jangan sampai keliru. Nyatanya, tidak merasakan sakit bukan berarti diri seseorang sehat-sehat saja. Secara umum, seseorang mengatakan dirinya sakit jika ada keluhan yang dialami. Padahal dari sisi medis, kondisi sakit dinyatakan berdasarkan ada atau tidaknya penyakit Berikut alasan, mengapa MCU sangat penting untuk dilakukan :

1. Mendeteksi penyakit sejak dini

Selain memeriksa tingkat kesehatan, medical check-up merupakan langkah antisipasi yang efektif dalam mendeteksi kemungkinan adanya penyakit serius dalam tubuh dan risiko-risikonya.

2. Mencegah penyakit berlanjut ke tahap yang lebih serius

Terdeteksinya gejala yang timbul dapat dicegah agar tidak berlanjut penyakit tersebut ke tahap yang lebih serius. Setelah medical check-up, kita dapat berkonsultasi dengan dokter atau dokter spesialis sesuai dengan penyakitnya untuk melakukan pemeriksaan dan tindakan lebih lanjut serta mengurangi biaya medis jangka panjang.

Biaya yang dikeluarkan untuk medical check-up tidak seberapa  jika dibandingkan dengan biaya yang harus dibayarkan untuk mengobati penyakit yang sudah tergolong berat . Oleh karena itu mengapa kita sangat perlu mengetahui kondisi kesehatan sedini mungkin.

3. Memiliki data kesehatan

Data kesehatan akan sangat penting dan berguna bagi para dokter untuk menentukan langkah apa yang sebaiknya kita lakukan. Dokter dapat mendiagnosis kondisi kesehatan yang tidak baik dalam diri kita.

4. Memotivasi diri sendiri dan orang lain untuk hidup sehat

Mengetahui kondisi kesehatan secara teratur, otomatis akan membuat kita lebih sadar untuk hidup sehat, kemudian menularkannya pada orang lain. Bukan menularkan penyakit ya, tetapi menularkan semangat untuk hidup sehat.

5. Membandingkan kondisi terbaru dengan sebelumnya

Rutin melakukan medical check-up membuat kita memiliki data kesehatan dari waktu ke waktu. Dengan demikian kita bisa membandingkannya dengan kondisi sebelumnya dan memperbaiki gaya hidup kita jika mengalami penurunan kondisi kesehatan

6. Memberi sedikit rasa tenang

Mengetahui kondisi kesehatan sejak dini pasti akan memberikan ketenangan. Kita akan tahu apakah tubuh kita benar-benar sehat atau sedang ada penyakit serius yang sedang berkembang di dalam tubuh kita.

Nah, sudah tahu kan pentingnya melakukan medical check-up? Mulai sekarang buatlah anggaran untuk melakukannya secara berkala. Jangan sampai terlambat untuk mengetahui kondisi kesehatan kita ya, salam sehat.