Pemasangan Kawat Gigi Bukan Estetik Semata, Kenali Manfaat Lainnya

 

Pemasangan Kawat Gigi Bukan Estetik Semata, Kenali Manfaat lainnya.

Oleh : drg. Dias Tarita Nurfitria, Sp.Ort

 

Pemasangan Kawat Gigi Bukan Estetik Semata, Melainkan untuk Memperbaiki Fungsi Pengunyahan dan Memelihara Kesehatan Gigi dan Mulut.

 

Kesehatan gigi dan mulut merupakan aspek penting dari kesehatan secara keseluruhan. Salah satu metode yang populer untuk memperbaiki susunan gigi dan masalah gigitan adalah dengan menggunakan kawat gigi (braces). Artikel ini akan membahas manfaat, proses pemasangan, serta pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk memasang kawat gigi.

 

  • Manfaat Memasang Kawat Gigi:

 

  1. Memperbaiki Susunan Gigi

Kawat gigi efektif dalam memperbaiki susunan gigi yang tidak rapi, seperti gigi yang terlalu maju, mundur, atau berdesakan. Dengan memperbaiki susunan gigi, estetika senyum menjadi lebih baik dan meningkatkan rasa percaya diri.

 

  1. Meningkatkan Fungsi Pengunyahan

Gigi yang tidak sejajar dapat menyebabkan masalah dalam mengunyah makanan. Dengan kawat gigi, susunan gigi dapat diperbaiki sehingga fungsi pengunyahan menjadi optimal.

 

  1. Mencegah Masalah Kesehatan Gigi

Gigi yang berdesakan atau tidak sejajar dapat menyulitkan pembersihan yang optimal, meningkatkan risiko karies gigi dan penyakit gusi. Kawat gigi membantu menyusun gigi agar lebih mudah dibersihkan, sehingga mencegah masalah kesehatan gigi.

 

  1. Memperbaiki Masalah Gigitan

Gigitan yang tidak normal, seperti overbite, underbite, atau crossbite, dapat menimbulkan masalah kesehatan jangka panjang seperti nyeri rahang dan gangguan temporomandibular. Kawat gigi membantu memperbaiki gigitan ini dan mencegah komplikasi lebih lanjut.

 

  • Proses Pemasangan Kawat Gigi :

 

  1. Konsultasi Awal

Langkah pertama adalah berkonsultasi dengan ortodontis untuk evaluasi awal. Ortodontis akan melakukan pemeriksaan menyeluruh dan mengambil foto kondisi gigi sebelum perawatan, roentgen panoramik & sefalometri serta cetakan gigi untuk merencanakan perawatan.

 

  1. Pemasangan Kawat Gigi

Pada kunjungan berikutnya, ortodontis akan memasang kawat gigi. Proses ini melibatkan penempelan bracket pada gigi dan menghubungkannya dengan kawat untuk dapat menggerakan gigi. Prosedur ini biasanya memakan waktu sekitar 1-2 jam.

 

  1. Kontrol Rutin

Setelah pemasangan, pasien perlu melakukan kontrol rutin setiap 4-6 minggu sekali. Pada kunjungan ini, ortodontis akan mengecek perkembangan pergerakan gigi dan melakukan penyesuaian yang diperlukan.

 

  1. Pelepasan Kawat Gigi

Setelah perawatan selesai (biasanya 1-3 tahun tergantung kasus), kawat gigi akan dilepas. Ortodontis akan memberikan retainer untuk menjaga posisi gigi yang baru setelah kawat gigi dilepas.

 

Pertimbangan Sebelum Memasang Kawat Gigi :

 

 Biaya

Biaya pemasangan kawat gigi bergantung pada jenis bracket yang dipilih dan durasi perawatan. Karena perawatan ortodonti membutuhkan waktu yang cukup panjang, penting untuk mempertimbangkan biaya dan memeriksa apakah asuransi kesehatan mencakup perawatan ortodonti.

 

 Waktu Perawatan

Perawatan ortodonti memerlukan komitmen waktu yang cukup lama, seringkali antara 1 hingga 3 tahun. Pasien harus siap untuk rutin mengunjungi ortodontis dan menjaga kebersihan gigi yang baik selama perawatan.

 

 Perubahan Gaya Hidup

Pasien dengan kawat gigi perlu menghindari makanan tertentu yang keras atau lengket yang dapat merusak kawat gigi. Kebiasaan kebersihan mulut yang baik juga harus ditingkatkan untuk mencegah masalah gigi selama perawatan.

 

 Potensi Ketidaknyamanan

Selama masa adaptasi, pasien mungkin mengalami ketidaknyamanan atau nyeri ringan setelah pemasangan atau penyesuaian kawat gigi. Namun, ketidaknyamanan ini biasanya bersifat sementara dan dapat diatasi dengan obat pereda nyeri yang direkomendasikan ortodontis.

 

 Kesimpulan

 

Memasang kawat gigi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan estetika gigi. Namun, keputusan untuk menjalani perawatan ortodonti (kawat gigi) harus dipertimbangkan dengan matang, termasuk biaya, komitmen waktu, dan perubahan gaya hidup yang diperlukan. Konsultasi dengan ortodontis (Sp.Ort) yang berpengalaman adalah langkah penting untuk mendapatkan hasil terbaik dan memastikan bahwa perawatan berjalan dengan lancar.