Prof. Dr. dr. Idrus Alwi, SpPD, K-KV, FINASIM, FACC, FESC, FAPSIC

Prof.Dr.dr.Idrus Alwi,SpPD, KKV, FACC, FESC, FAPSIC lahir di Palembang, tanggal 22 Maret 1962. Pada tahun 1980 menempuh pendidikan sebagai dokter umum di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) lalu lulus tahun 1986. Beliau mengambil pendidikan sebagai dokter spesialis Penyakit Dalam pada universitas yang sama dan lulus tahun 1996. Kemudian mengikuti pendidikan SP2 sebagai konsultan kardio-vaskular (1997-2001) dan program Studi Doktor Ilmu Kedokteran FKUI (2000-2006).

Pengalaman dalam pekerjaan adalah menjadi staf Puskesmas Gelumbang, Kepala Puskesmas Way Hitam dan Nusa Bakti di Sumatera Selatan (1987-1991). Pada tahun 1996 hingga sekarang menjadi anggota staf Koordinator Pelayanan Masyarakat dan staf Pengajar Departemen Penyakit Dalam FKUI/RSCM. Pada tahun 2003 hingga sekarang diangkat menjadi Deputi Manajer Pelayanan Jantung Terpadu RSCM. Jabatan penting lainnya adalah sebagai wakil ketua “Continuing Profesional Development” Departemen Penyakit Dalam FKUI/RSCM, Editorial Board Indonesian Journal of Internal Medicine, Kepala ICCU RSCM (2004 hingga sekarang) dan menjadi Koordinator penerbitan Pusat Penerbitan Departemen Penyakit Dalam FKUI/RSCM (2005 hingga sekarang).

Selain itu, dokter yang juga ketua Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia cabang Jakarta ini telah banyak mengikuti pelatihan diantaranya Advanced Course in Cardiology, Asia Pasific Society of Cardiology Conjoint with Victorian Health Centre, Melbourne- Australia (1997), Advanced Course in Echocardiography and Others Non Invasive Cardiology, Asia Pasific Society of Cardiology Conjoint with Victorian Heart Centre, Melbourne, Australia dan The First International Course. Clinical Epidemiology & Public Health Research. Faculty of Public, University of Indonesia, Jakarta

Menikah dengan DR. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), pasangan ini dianugerahi tiga orang anak, bernama M. Firhat, Fatma Afira, dan Mukhsin Fadel Idrus. Selain praktek di RS Permata Cibubur, dr. Idrus juga praktek di RS dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, dan RS MMC Jakarta.