Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG (K)

Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG atau biasa di panggil dr Ovy, Lahir di Bandung, Jawa Barat, 4 Oktober 1961. Menyelesaikan pendidikan dokter umum di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 1986, beliau menjalankan tugas kerja sarjananya di Kecamatan Belitang Kabupaten Ogan Komering Ulu antara tahun 1986-1990.

dr Ovy menyelesaikan pendidikan spesialis Obstetri dan Ginekologi pada tahun 1995 di universitas yang sama.

Setelah lulus sebagai dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi ( spesialis Kebidanan dan Kandungan), Dokter Ovy diminta untuk mengabdikan ilmunya sebagai staf pengajar di Departemen Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan sekaligus sebagai dokter tetap pada Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Pada tahun 1996 dr Ovy mendapatkan penghargaan dari International Federation of Obsterics and Gynecology (FIGO) sebagai “Fellow in Obstetrics and Gynecology” dan diberi kesempatan untuk mengikuti pendidikan di Jorvi Hospital, Espoo, Helsinki- Finlandia. Berbagai kursus dan seminar diikuti secara teratur oleh dr Ovy untuk menambah dan menjaga kompetensi keilmuan dan ketrampilannya untuk dapat mengikuti kemajuan ilmu kedokteran yang terus berkembang.

Minat utama dr Ovy dibidang kesehatan organ reproduksi khususnya pencegahan Kanker Leher Rahim (Kanker Serviks) tampak dari berbagai kursus dan seminar yang diikutinya sebagai anggota dari International Federation of Cervical Pathology and Cervical Neoplasia (IFCPC) dan Asia-Oceanean Federation of Gynecology Infection and Neoplasia (AOFOG) yaitu di Sydney-Australia (1996), Bueno Aires- Argentina (2000), Paris- Perancis(2006), Seoul-Korea Selatan (2008), Auckland-New Zealand (2009) dan New-Delhi-India (2010). Dr Ovy juga pernah mengikuti kursus Ginekologi Patologi pada tahun 1997 di The Royal Women’s Hospital,Melbourne-Australia.

Sejak lulus pada tahun 1995 dokter Ovy sudah terlibat dalam upaya peningkatan kesehatan ibu dengan menjadi konsultan Departemen Kesehatan RI bekerja sama dengan lembaga donor internasional seperti JHPIEGO untuk membuat modul-modul pelatihan kesehatan ibu , keluarga berencana dan pencegahan kanker leher rahim serta terlibat dalam program pelatihan modul-modul tersebut untuk para dokter dan bidan di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2006 dr Ovy menyelesaikan pendidikan S3-nya di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dan mendapatkan gelar Doktor di bidang ilmu Epidemiologi atas disertasinya tentang pencegahan kanker leher rahim dengan teknik IVA ( inspeksi visual dengan aplikasi asam asetat). Pada tahun yang sama dr Ovy juga menyelesaikan pendidikan konsultannya dan mendapat sertifikat sebagai Konsultan Obstetri dan Ginekologi Sosial dari Kolegium Obstetri dan Ginekologi Indonesia.

Ilmu kesehatan perempuan adalah salah satu bidang ilmu yang amat penting’, menurut dokter Ovy, karena itu dokter Ovy selalu dengan senang hati melayani pasien-pasiennya dan membantu mereka agar dapat menjaga kesehatan diri dan janinnya semasa hamil dan melahirkan, memecahkan masalah dan gangguan yang berhubungan dengan organ reproduksi perempuan serta menjaga kesehatan organ reproduksi secara teratur. Dr Ovy juga aktif menulis dan menjadi konsultan rubrik kesehatan perempuan di majalah kesehatan serta televisi disamping membagi ilmunya dalam ceramah dan seminar tentang kesehatan ibu dan kesehatan reproduksi

Jadwal praktek: Senin 16-21, Selasa 16-21, Kamis 16-21, Sabtu 08-16
Lokasi : Womens Wing, Lantai 1
Telepon : (021) 845-8806, SMS 0811-80-8806